CARA MEMBUAT TAHU

Khusus bagi sahabat wanita kali ini tips bagaimana Cara Membuat Tahu Sumedang yang enak serta tata pembuatan sambal agar semakin kental cita rasa tahu hasil masakan anda. Namun sebelumnya seperti biasa sebelum masuk kepembahasan cara membuat tahu sumedang, sahabatsejati.com akan memberikan sekilas berita mengenai Asal usul tahu Sumedang. Baik berikut ini sejarah bagaimana sampai makanan favorit banyak orang dengan rasa lembut dan renyah dapat hadir menambah khasanah perbendaharaan makanan indonesia sampai saat ini.

Cara Membuat Tahu

Awal mula kerajinan tahu dimulai sejak abad ke 20-an. Ceritanya berkaitan dengan sampainya seorang imigran dari negeri China ke daerah Sumedang tahun 1900 bernama Ong Kino. Menurut Ong Yoe Kin, tokoh tahu asal Sumedang, kata tahu itu berasal dari bahasa China yakni “Tao Hu” yang maknanya (Tao artinya kacang, hu berarti lumat) bahasa lainnya orang China menyebut kalau tahu sebagai daging tidak bertulang. Ong Kino adalah ayah kandung Ong Bun Keng, pria asal negeri China itu terinspirasi membuat tahu berbahan baku kedelai.

Karena berdasarkan kecintaan terhadap istri yang sanat menyukai tahu pada saat itu. Sebagai benih berkembangnya tahu Sumedang, maka Ong Kino membuat tahunya dengan menggunakan bahan baku kedelai lurik mirip telor puyuh besarnya. Kedelai ini adalah jenis kacang kedelai langka jika dicari dijaman sekarang. Pada mulanya tahu yang dibuat oleh Ong Bun Keng itu besar dan tebal. Lalu dirubah oleh Ong Kino dengan membagi tahu tersebut menjadi empat bagian agar ukuran tahu tidak terlalu besar.

Selanjutnya Ong kino mencampurkan garam ke potongan tahu yang sudah berbentuk persegi empat dan ternyata istrinya sangat suka pada tahu tersebut. Pada awal tahun 1900, tahu asli China mempunyai ukuran kecil yg dirintis oleh Ong kino dan mulai dipasarkan oleh anaknya bernama Ong Bun Keng. Tahu buatan tahun 1917 itu adalah cikal bakal semakin harumnya nama tahu Sumedang di antero tanah air.

Ketika Dalem Sumedang Pangeran Soeriaatmadja yang mau pergi ke daerah Situraja mampir dan mencicipi tahu buatan Ong Bun Keng, dan ternyata rasanya sangat lezat dan gurih.

Semenjak itu usaha tahu dikembangkan dan menjadi lebih professional, ternyata tahu Bun Keng yang pada mulanya dibuat bersama keluarga, namun tidak lama kemudian dapat menyerap tenaga kerja yang besaral dari warga sekitar mencapai jumlah sebanyak 30 orang. Nah sejak tahun 1950 nama tahu Bun keng semakin berkembang dan hari ke hari semakin banyak orang yang menyukainya tahu buatan Bun keng.

Nah, itu adalah sekilas dari perjalanan tahu sumedang, adapun Cara Membuat Tahu Sumedang dapat sahabat baca dibawah ini:

- Kedelai mula-mula dibersihkan dari Kedelai yang berlubang dan kotoran lainnya.
– Kedelai yang bersih dan baik,kemudian direndam dalam air yang cukup. Jika menggunakan Kedelai lokal direndam kira-kira 10 jam, Kedelai import cukup 4-5 jam saja.
– Setelah cukup lama direndam, Kedelai dicuci dengan air bersih 2-3 kali.
– Lalu ditiriskan sampai terasa kesat.
– Kedelai selanjutnya siap digiling untuk menjadi bubur.
– Agar proses penggilingan dapat berjalan dengan lancar dan memberi hasil yang baik, harus dilakukan penambahan air pada waktu menggiling Kedelai berlangsung.
– Bubur Kedelai selanjutnya digodog diatas tungku sampai mendidih.
– Apabila terdapat busa yang muncul diatas bubur kedelai yang mendidih, sebaiknya wajib setiap kali dibuang. dan bubur dibiarkan mendidih selama 10 menit.
– Bubur Kedelai yang mendidih kemudian diambil lalu selanjutnya disaring dengan kain kasa dan ampasnya dibilas dengan air hingga bersih.
– Ampas dari saringan diperas,sampai sebanyak mungkin sari Kedelai terambil.
– Kemudian sari Kedelai digumpalkan, adapun caranya dengan menambahkan cuka encer (1 : 5). batu tahu, atau sisa air tahu yang telah disimpan semalam, sambil terus menerus diaduk secara perlahan.
– Dengan mendiamkan, akan terbentuk gumpalan-gumpalan yang agak besar,yang akan terus kebawah.
– Air diatas endapan tahu, dibuang sebanyak mungkin.
– Endapan tahu lalu dicetak,dengan memberi beban diatasnya.
– Setelah kurang lebih memakan waktu 10-15 menit maka jadilah tahu yang kita inginkan.

Sedangkan Untuk resep membuat tahu menjadi hidangan yang lezat beserta resep sambalnya dapat di unduh disini drinking too much resep sambal tahu

Semoga dapat bermanfaat beberapa langkah Cara Membuat Tahu sumedang diatas, jika masih banyak kekurangan ya semoga ada diantara pembaca dapat memberikan masukan agar bisa membuat resep pembuatan tahu semakin sempurna lagi, Salam.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s