Undang – undang ITE

menurut saya memang udang-undang dalam hal transaksi informasi dan elektronik sangat pas bila dijalankan di Indonesia sekarang ini. Karena, sangat banyak kasus-kasus kejahatan yang sudah terjadi tapi, sulit penyelesaiannya karena belum adanya acuan ke dasar hokum ini, dan menimnya orang yang paham antara mana yang diperbolehkan dan mana yang dilarang.
Sebenarnya tekhnologi informasi dan tekhnologi Elektronik digunakan untuk memperlancar informasi dunia mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan juga untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik.
Informasi Elektronik adalah satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik (electronic mail), telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.
Sedangkan Transaksi Elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan Komputer, jaringan Komputer, dan/atau media elektronik lainnya. Di Indonesia untuk kegiatan yang berhubungan dengan elektronik ini ada ketentuan hukumnya/ undang-undangnya. Undang Undang ini berlaku untuk setiap Orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.

Pornografi adalah gambar, sketsa, ilustrasi, foto, tulisan, suara, bunyi, gambar bergerak, animasi, kartun, percakapan, gerak tubuh, atau bentuk pesan lainnya melalui berbagai bentuk media komunikasi dan/atau pertunjukan di muka umum,yang memuat kecabulan atau eksploitasi seksual yang melanggar norma kesusilaan dalam masyarakat.

Dan apabila ada suatu perbuatan yang bisa merugikan / menjelkkan seseorang dengan menggunakan media dua alat tadi maka sudah ada dasar hukumnya dan tinggal sosialisasi kepada masyarakat agar saling berhati-hati dalam berbuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s